Kecurian sniper mengintai di manapun Anda berurusan dengan sejumlah besar data dan tidak mengevaluasi cukup bersih. Dalam kekeliruan ini, data pertama kali diuji pada banyak hal dan baru setelah itu, sebuah hipotesis diformulasikan di Agen Bandar Ceme Keliling Terbaik Di Indonesia. Ini kemudian dipilih dengan cara yang sama seperti yang sesuai dengan data yang diuji.

Mari kita mengambil contoh sederhana dari kekeliruan ini: Di sebuah sekolah dengan 1.000 siswa, kita membiarkan setiap siswa melempar koin sebanyak sepuluh kali. Untuk setiap gulungan “nomor” membuat murid menjadi satu titik. Probabilitas bahwa setiap siswa 10 kali berturut-turut menaikkan angka sekitar 1 sampai 1.000.

Rata-rata demikian, kemungkinan salah satu dari ribuan siswa sepuluh kali melempar angka dan mendapat 10 poin. Sebuah kesalahan penipu Akan menjadi murid satu ini yang secara retrospeksi menjadi pelempar koin berbakat karena dia telah membuang banyak poin.

Itu murni kebetulan bahwa siswa-siswa ini membuang sepuluh kali jumlah dan hasilnya bukanlah indikasi pada koin yang melemparkan bakat siswa tersebut. Contoh lemparan koin ini masih jelas, karena sebelumnya cukup jelas bahwa hasil lemparan koin itu acak. Tapi kekeliruan sniper datang hanya pada hal-hal yang jauh lebih sedikit membuahkan hasil, seperti contoh berikut ini:

Salah satu contoh yang paling terkenal dari kekeliruan semacam itu berasal dari sebuah penelitian di Swedia pada tahun 1992. Studi ini meneliti selama 25 tahun, semua rumah tangga di Swedia, yang tinggal di dekat saluran listrik dalam berbagai penyakit. Pada akhirnya ternyata anak-anak yang tinggal di dekat jalur tegangan tinggi, sekitar empat kali lebih sering dengan leukemia, seperti anak-anak lain. Kesimpulan pers yang sangat efektif dari penelitian ini dengan cepat menemukan bahwa jalur tegangan tinggi menyebabkan peningkatan risiko leukemia secara dramatis pada anak-anak.

Akibatnya banyak uang dihabiskan untuk analisis akar penyebab dan, tak terhitung penelitian lain tentang masalah ini secara berurutan. Namun, bisa mengkonfirmasi hubungan antara leukemia dan saluran listrik, tidak ada penelitian lebih lanjut. Dalam semua penelitian selanjutnya, anak-anak menunjukkan tingkat leukemia yang sama dengan anak-anak yang tidak tinggal di sekitar garis tersebut di bawah saluran listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *